Tips Custom Domain untuk Blogspot

Berniat untuk merubah domain Blogspot anda dengan domain .com atau yang lain ? Saya rasa anda jangan terburu buru untuk meng-Custom Domain-kan blog anda. Jangan anggap sepele masalah ini, berpikirlah tentang dampak yang ditimbulkan, entah positif atau negatif :) . Nah, mungkin beberapa tips custom domain diblogspot ini berikut ini bisa membantu :D

Ganti Domain sama saja dengan ganti alamat rumah. Jadi, banyak yang bingung bahkan tidak tahu apakah pengunjung tetap blog anda tahu alamat blog baru anda. Namun, kalau Blogspot jangan khawatir, domain blogspot.com anda akan didirect / diarahkan ke domain baru anda.

  1. Sudah Tenarkah Blog anda ?
    Apa maksudnya ? Kalau blog kita memiliki trafik gede. Seperti Kang Rohman dan Blognya Mas Afatih di WordPress, kalau pindah domain bisa jadi rugi menurut saya. Lebih baik buat blog baru dengan domain baru pula dan melink-kan blog lama kita dengan trafik gede itu tadi. Bisa jadi keduanya malah bersaing dengan hasil yang baik. Pertahankan saja yang lama.

  2. Pilih Jasa domain hosting yang terpercaya dan handal
    "Lalu jasa hosting mana yang saya pilih ?", pasti itu pertanyaan anda bukan ?. Yang sudah terkenal di Indonesia antara lain Rumah Web, NicSpace, Plasa Hosting, atau malah gunakan jasa dari GoDaddy yang bertaraf internasional. Kalau Lokal, Rumah Web bisa diandalkan, sebagai contoh domain saya ini :D

  3. Tentukan nama domain dan jenisnya
    Tema blog kalau bisa sesuaikan dengan nama domain anda, sebagai contoh blog yang bertemakan Blog tutorial adalah BloggerCustom.net dan lain sebagainya. Kalau jenisnya ? Hmm ... begini, secara umum ada dua jenis domain yaitu TLD ( Top Level Domain ) seperti [dot]com, [dot]net, [dot]org, [dot]biz dan lain - lain yang kedua cTLD ( country Top Level Domain ) seperti [dot]or.id, [dot]net.id, [dot]co.uk untuk Inggris dan lain - lain, tergantung negara anda. "Terus saya harus pakai yang mana ?" Kalau urusan pribadi pakai [dot]com atau [dot]net sudah cukup. Tapi kalau untuk organisasi / perusahaan yang lumayan besar pakai cTLD lebih baik.

  4. Harganya ?
    Murah. Nah kok ? la iya memang murah :-o . Rata - rata harga domain adalah 80.000 rupiah / tahun , ada sih yang 70 rb atau 90 rb lebih. Itu hanya hosting domain lho, kalau tambah hosting web biasanya diberi alias gratis !

  5. Tambah niat anda dalam blogging
    Jasa Custom Domain terbilang mengeluarkan uang, berarti anda sudah punya modal niat yang lebih. Kalau bisa ditambah ! Semangat ya ;) !

Oiya, ada sedikit tips nih. Kalau mau domain gratis bisa pakai jasa dari CO.CC atau membeli domain yang sudah punya rating tinggi, namun harganya tinggi pula. Jadi anda tak perlu "membesarkan" domain yang benar - benar baru.

Ada masukan dari temen - temen atau pertanyaan ? silahkan tinggalkan komentar disini ya :) Happy Blogging !

2 komentar:

16 Juni 2009 pukul 13.36 HATURUA (Hobert Noya) mengatakan...

Thanks 4 infox Bro.. :)

12 Juli 2009 pukul 02.48 KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA mengatakan...

salah satu cara biar agar website familiar dengan search engine adalah mendaftarkan diri anda ke website-website penyedia fasilitas search engine...
Biar website bisa dicari google
www.google.com/addurl/?continue=/addurl
Mau canggih lagi pake sitemap
www.google.com/webmasters/sitemaps/login
Submit ke Yahoo
www.yahoo.com/info/submit.html
ke Dmoz
www.dmoz.com/addurl.html
atau mau lebih mudah lagi submit ke google.com. Ketik keyword Free Submission

Kalo mau tahu lagi tentang Search Engine Optimation dan Ilmu Komputer Lainnya coba aja submit ke http://mr-amateur.co.cc
bagian tips-triknya...
thanks before...
Nice Web...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Anda bisa menggunakan HTML seperti <b> , <i>, <s>, <a> ... Jangan spamming, komentar bernada spam akan kami hapus.
Terima kasih telah berkomentar di JogjaWiki

 

Post yang berkaitan :

Grab this Widget ~ Blogger Accessories
 
© Copyright 2010 - Jogja Wiki Blog - Best viewed in 1152 x 864 pixel by Mozzila Firefox
Our Network at Bloggercustom and Healthy Tips | Post Entries | Comments -